CARA CERDAS MERESPON KRITIS PEDAS

Maret 18, 2021


Dalam satu satu kesempatan, seorang Manager SDM salah satu perusahaan nasional yang berkantor di Jakarta menceritakan kejengkelanya pada karyawan di tempatnya bekerja. Manager ini jengkel pada karyawan yang memiliki skill yang cukup baik namun sikapnya kurang baik.  Karyawannya ini selalu membantah setiap saran yang diberikan oleh atasannya. Bahkan tak jarang karyawan ini membantah saran yang diberikan oleh atasannya. 

Nah, di antara good learner, adakah yang masih merasa marah, sedih, malu atau merasa diserang ketika mendapatkan kritik dari orang lain? 


Pada awalnya, munculnya emosi atau perasaan negatif seperti marah, malu, sedih tersebut bisa dipahami. Mungkin Anda menilai diri Anda sudah menyelesaikan pekerjaan dengan mengerahkan semua sumber daya yang Anda miliki dan menuntaskan tugas dengan maksimal. Tapi ternyata dalam pandangan orang lain dalam hasil kerja Anda masih terlihat ada kekurangan dan ada hal yang memerlukan perbaikan. 


Emosi negatif ini boleh Anda rasakan namun hanya sekejap di awal saja, jangan sampai ditunjukkan atau dikeluarkan. Segera kendalikan diri Anda, sehingga Anda menyadari bahwa yang mengkritik pekerjaan Anda, bukan mengkritik diri Anda. 


Kritik yang disampaikan bisa jadi sebagai indikator bahwa orang tersebut peduli, ingin membantu Anda dengan menunjukkan kekurangan dari hasil kerja agar Anda bisa memperbaikinya. Dengan demikian, justru kritik kritik yang Anda terima pada akhirnya dapat meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan Anda.


Setiap orang tentu memiliki gaya dan bahasa yang berbeda dalam menyampaikan kritiknya. Anda tidak bisa mengendalikan orang yang memberi kritik agar menyampaikan kritikannya dengan lembut atau dengan cara yang Anda sukai. Yang bisa Anda kendalikan adalah bagaimana Anda menerima dan merespon kritik paling pedas sekalipun agar menjadi kritik yang membagun. Kritik yang mampu  membuat Anda berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. 


Kemampuan menerima kritik tentunya bukan hal mudah. Tentunya ada beberapa hal yang perlu dilatih untuk dapat memberikan respon terbaik Anda. Berikut adalah langkah cerdas dalam merespon kritik pedas.

  1. Tenangkan diri

Cara cerdas merespon sebuah kritikan adalah diawali dengan sikap tenang. Menenangkan diri bisa dilakukan dengan cara mengatur nafas, tarik dan hembuskan perlahan. Bagi muslim, sangat dianjurkan untuk beristighfar. Hal ini menjadikan Anda lebih mudah  mengendalikan emosi negatif dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Pada saat orang memberikan kritik kepada Anda, bahkan dengan nada dan bahasa  pedas sekalipun, usahakan untuk tetap tenang. Dengan ketenangan, Anda dapat lebih mudah mengendalikan emosi negatif dan memunculkan kesadaran bahwa kita memiliki kekurangan dalam hal tertentu. Anda pun menyadari jika kritik yang disampaikan bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dan agar Anda mampu bekerja lebih baik lagi.


  1. Dengarkan tanpa menyela 

Ketika Anda menerima kritikan, meskipun Anda merasa kerja Anda tidak dihargai sehingga Anda akan kesal, marah, atau sedih, janganlah Anda luapkan emosi tersebut dan langsung membalasnya. 


Cobalah untuk mendengarkan kritik yang disampaikan terlebih dulu hingga pemberi kritik selesai bicaranya. Jangan menyela, membantah atau mendebatnya. Dengan demikian, Anda akan terlihat sebagai rekan kerja yang mau menerima kritik, bisa diajak diskusi dan mau memperbaiki diri. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih kemampuan mendengar. 





  1. Sampaikan rencana Perbaikan Anda    

Setelah Anda menyimak kritik yang disampaikan dan tiba saatnnya Anda berbicara, awali respon Anda dengan mengucapkan terima kasih atas kepedulian orang yang memberi kritik dan akui kekurangan atau kesalahan Anda. 


Bila yang menngkritik adala atasan, senior atau orang yang sudah menguasai bidang permasalahan, Anda boleh meminta saran atau arahan kepada mereka untuk eksekusi rencana perbaikan.


Setelah itu, sampaikan rencana perbaikan Anda. Perbaikan di sini bisa dalam hal perbaikan proses kerja, pergantian metode, cara yang akan digunakan, solusi yang akan diterapkan, baik  menurut pemikiran Anda atau pun  berdasarkann kritik dan masukan yang sudah Anda terima. 


Kemampuan merespon cerdas setiap kritik pedas  akan melatih Anda terbiasa mengevaluasi tindakan dan mencari cara perbaikan.  Sadari bahwa kritik adalah hal baik yang bisa membantu Anda menuju puncak karier Anda.  



Wiwi Aoqutiat

Personal Growth Trainer 


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images