PENTINGNYA UMPAN BALIK

Maret 05, 2020

Disadari atau tidak, ketika bertindak makan kita akan mendapat umpan balik mengenai tindakan yang kita lakukan. 

Ada dua macam umpan balik yg mungkin diperoleh. Dan umumnya kita cenderung memilih yg positif dan tidak menyukai umpan balik atau feed back negatif. . 



Umpan balik positif yaitu hasil, uang, pujian, promosi, pengahargaan, keakraban, kebahagiaan. Hal ini memberitahukan bahwa kita berada pada jalur dan arah yg benar. 

Umpan balik negatif bukan berarti kalimat negatif. Umpan balik negatif dapat berbentuk tidak adanya hasil, tidak ada uang, kritik, penilaian buruk, tidak ada promosi, tidak mendapatkan pujian atau apresiasi, keluhan, ketidakbahagiaan, kesepian. 
Meski demikian, umpan balik negatif mengandung manfaat yg sama besar dengan umpan balik positif. Umpan balik negatif memberi alarm kepada kita, bahwa kita menuju atau berada di jalur yang salah. 

Umpan balik negatif adalah adalah pengingat yg sangat berharga dan memberi informasi tentang "Peluang Perbaikan*, sehingga kita bisa segera memperbaiki tindakan untuk kembali pada tindakan yg seharusnya dan tetap on the track. 

Tidak banyak orange yang secara sukarela memberi umpan balik. Terkadang kita yang perlu meminta umpan balik kepada orang lain, agar kita dapat terus menyesuaikan diri dan melangkah maju dengan terus meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap dan relationship. 

So.. We must accept positive and negative feed back for grow higher. .

Meminta umpan balik adalah satu bagian dari 5 Langkah Membangun Employee Engagement.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images