Bikin Blog Cantik Tanpa Rumit

Maret 04, 2019


Sejak belasan tahun terakhir, kita sudah menikmati banyak kemudahan dalam mendapatkan informasi melalui media digital. Satu di antara sumber informasi yang mudah diakses adalah melalui website, baik itu portal berita online atau pun melalui personal blog.



Ketika butuh referensi destinasi wisata untuk liburan keluarga, kita tinggal ketikkan keyword sesuai yang kita inginkan di search engine, dalam sekejap kita akan segera dapatkan informasi tempat tempat wisata yang sesuai dengan keinginan dan budget kita. Saat ingin menikmati makan di luar rumah bersama orang terkasih, selama ada kuota mah kita tinggal cari di mbah gugel. Mau suasana tempat makan yang bagaimana dan seperti apa, semua terpampang nyata melalui banyak blog blog dengan konten wisata atau kuliner.

Pasangan suami istri yang baru menimang buah hati ingin mengetahui tahapan tumbuh kembang buah hatinya, ingin lebih paham mengenai makanan sehatnya, juga bisa menggali informasi melalui web atau blog kesehatan, blog parenting dan sebagainya.
Pelajar dan mahasiswa pun bisa memanfaatkan adanya personal blog untuk mendapatkan referensi dalam menyelesaikan tugas tugasnya. Serta masih banyak blog lainnya dengan beraneka macam konten yang bermanfaat.

So, banyak yang terbantu dengan adanya blog blog tersebut tadi. Bermula dari hal tersebut, saya punya keinginan untuk punya blog yang nantinya berguna bagi saya dan juga orang lain.
Lalu mulailah 2011 mulai oprak oprek blogspot, ganti template ini coba template itu. Kemudian lihat banyak blog yang keren tampilannya ajib kontennya. Coba ngoprek lagi, pengen bisa tampilan keceh dengan bermodal ganti-ganti template yang tersedia dari blogsot. Ternyata ga bisa keketjeh punya para mastah.  Sementara itu, kontennya masih bingung mau diisi apa, mau fokusin ke mana. Akhirnya mikir lagi. Eeehhh… mikirnya kelamaan. Buntu. Stuck. Blog pun ditinggal. 💔😢

Eh.. tapi pernah sih aktif lagi dan lumayan banyak pengunjung waktu saya bikin tutorial Update NUPTK via SIMPATIKA (nyombong dikit dimaklumin ya 😊)

Hingga akhirnya…
Seorang temen efbe yang bikin status yang pada akhirnya nyemplungin saya di WA grup “Blog for Beginner”. Grup WA asuhan mba Rahayu Asda yang membimbing anggotanya mulai dari nol. Ya, mulai dari yang ga punya atau belum pernah bikin blog, sampai bisa bikin blog cantik.

Mba Rahayu yang sabar dan telaten jawabin pertanyaan emak emak binaannya. Dibina mulai dari yang belum kenal canva sampai bisa bikin blog header pakai canva. dan akhirnya bisa memperoleh template cantik.

Dan saya…. Mendapatkan sesuatu yang selama ini belum saya dapatkan dari hasil browsing dan searching. Ada 2.

Pertama, akhirnya saya bisa navigasi dropdown atas tips bocoran dari mba Rahayu Asda. Asli ini bikin Seneng banget waktu bikin dropdown ini berhasil. Norak ya? Biarin ah. Kan ini level beginner.
Nomor 2, ini pilihan saya saat ini. Yaitu dapat menu template kece yang sekarang saya pakai 😍

Thank you so much mba Rahayu, sudah sharing agar tampilan blog saya jadi tampil ciamik. Semoga ke depannya bisa berisikan konten ciamik nan berfaedah.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images