Cashflow Quadrant (Bag. 2)

Februari 16, 2017

Summerized by
Wiwi Aoqutiat
Buku ini dibagi menjadi 3 bagian. 
Bagian Satu : tentang perbedaan inti antara orang-orang di keempat kuadran, mengapa orang tertentu cenderung menempati kuadran tertentu dan sering terjebak di sana tanpa menyadarinya. Bagian ini akan membantu mengetahui di mana tempat Anda saat  ini dalam  Quadrant dan di mana Anda ingin berada lima tahun mendatang.
Bagian Dua : tentang perubahan pribadi, tentang “siapa” diri Anda nantinya daripada “apa” yang harus Anda lakukan.
Bagian Tiga : memaparkan ketujuh langkah bias diambil dalam perjalanan menuju sisi kanan Quadrant, dengan membagi lebih banyak rahasia dalam hal keterampilan yang  dibutuhkan untuk menjadi “B” dan “I”.

Bagian II
Membangkitkan Kemampuan Terbaik Anda
Yang terpenting bukan statusnya, tapi siapa dirimu. Yang utama adlah perubahan internal yang anda alami dan jati diri yang terbentuk. Bagi beberapa orang, proses itu mudah, bagi orang lain, perjalanan itu mustahil. Uang adalah obat bius. Itu sebabnya ayah kaya menekankan untuk tidak pernah bekerja demi uang, tapi belajar menciptakan system sendiri sebagai cara mmemperoleh uang.
Pola-polanya :
“E: : Bekerja untuk system
“S” : Adalah system
“B” : Menciptakan, memiliki atau mengendalikan system
“I” : Menginvestasikan uang dalam sistem

Pola yang dibicarakan ayah kaya adalah pola dalam tubuh, pikiran dan jiwa. Mengenai cara kami secara alami mengenai masalah uang.

Temukan Ambisimu
Ingat tujuan yang akan dicapai, simpan ingatan itu dalam hatimu dan pertahankan nyala api semangatmu.

Membangun Sistem di Sekitar Ambisimu
Meskipun perusahaan manufaktur saya mengalami perbaikan dan kemmbali sukses, ambisi saya sudah hilang. Ayah kaya merangkum rasa prustasi saya dengan mengatakan “masa sekolah kamu sudah berakhir. Sudah waktunya embangun system di sekitar ambisimu. Lepaskan perusahaan manufaktur dan bangunlah apa yang harus kau bangun. Kau telah belajar dengan baik dari aku, tapi kau tetap anak ayahmu. Kau dan ayahmu memiliki panggilan jiwa sebagai guru.”

Berada di Sisi Kiri Beresiko
Orang-orang “S” juga berisiko. Semakin besar keletihan yang ditanggung seseorang, semakin ia tidak aman dan risikonya mengalami kecelakaan.

Lebih Aman Berada di Sisi Kanan
Ironisnya, hidup sebenarnya lebih aman di sisi kanan kuadran. Bila mempunyai system yang aman dan menghasilkan semmakin banyak uang dengan semakin sedikit bekerja. Tidak perlu mengkhawatrkan kehilangan pekerjaan atau harus hidup di bawah kemampuan.
Apa yang harus dilakukan untuk pindah dari sisi kiri ke sisi kanan? Bukan apa yang harus kau lakukan yang perlu dirubah, tapi caramu berfikir. Dengan kata lain, menjadi pribadi yang diperlukan untuk melakukan apa yang harus dilakukan. Bagaimana berfikir siapa diri mereka.
Kabar baik adalah anda tidak butuh uang untuk mengubah cara berfikir. Kabar buruknya, kadang sulit untuk mengubah pemikiran inti yang mendalam tentang uang.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images